"We are not professional film critics. We just want to enjoy and to give our opinions about movies. If you have different opinion from us, we would be very happy. Because it shows that we live in a very complex society, with many different thoughts, opinions, and taste. So the movie makers will be challenged to always satisfy their audiences and they will make more and more great movies of all times..."

- Ode & Yanti -

Sunday 15 January 2012

The Whistleblower (2010)

The Whistleblower (2010)


Genre: Biography, Drama, Thriller
MPAA: Rated R for disturbing violent content including a brutal sexual assault, graphic nudity and language
Company: Samuel Goldwyn Films
Director: Larysa Kondracki
Cast: Rachel Weisz, Monica Bellucci and Vanessa Redgrave
Runtime:  112 min 
Recommendations: 7/10


“Nothing is more dangerous than the truth”




Human Trafficking atau penjualan manusia untuk hal apapun adalah sesuatu yang tidak berperikemanusiaan. Begitu banyak manusia di dunia ini (khususnya wanita) yang diculik dan kemudian dijual untuk melakukan pekerjaan yang tidak diinginkan seperti menjadi pelacur. Beberapa bahkan, seperti yang terjadi di negara ini, menimpa gadis di bawah umur.

Film ini bercerita mengenai kisah nyata seorang perwira polisi bernama Kathryn Bolkovac (diperankan dengan baik oleh Rachel Weisz) yang menerima pekerjaan sebagai duta perdamaian PBB di Bosnia pasca perang saudara. Kathryn yang menerima pekerjaan ini karena alasan pribadi, kemudian menemukan fakta mencengangkan tentang human trafficking di Bosnia. Kathryn harus berhadapan dengan birokrasi, kolusi dan penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu, Kathryn pun dihadapkan dengan sulitnya mendapatkan keterangan dari para saksi yang memilih untuk menutup mulut mereka demi keselamatan jiwa mereka.

Bagaimana kisah Kathryn membongkar human trafficking di Bosnia? Selengkapnya bisa anda saksikan sendiri, melalui DVD atau (jika masih diputar, mengingat film ini diputar sejak 14 Desember 2011) di jaringan bioskop di Indonesia.

Setelah menonton film ini, kita akan dihadapkan pada fakta mengejutkan bagaimana rumitnya sebuah kasus human trafficking. Rumit untuk kita menemukan pelakunya dan lebih rumit lagi untuk kita bisa menghukum pelaku human trafficking. Acungan jempol pada pihak berwajib jika mereka sukses mengurai kasus-kasus human trafficking di negara ini, karena walaupun film ini diangkat dari kisah nyata seorang warga Amerika, saya yakin kerumitan yang ditemui seorang Kathryn pasti juga ditemui oleh pihak berwajib negara ini.

Anyway, akting Rachel Weisz sangat baik dalam film ini. Emosi yang ditunjukkannya sangat terasa, sehingga saat menontonnya kita pun akan sedikit banyak merasakan emosi yang dialami oleh Kathryn Bolkovac. Nama lain yang dimunculkan oleh pihak pembuat film ini adalah Monica Belucci (terkenal lewat Malena, The Sorcerer’s Apprentice, dll), namun sepertinya nama Belluci hanyalah sebagai pemancing penonton saja, karena lagi-lagi, in my humble opinion, kualitas aktingnya biasa-biasa saja. Mengingat pentingnya pesan yang ingin disampaikan, bagi saya film ini sangat layak ditonton, tapi jangan ajak anak-anak anda karena rating film ini adalah film Dewasa, bukan film semua umur. Selamat menonton 

No comments:

Post a Comment

Please share your opinions here :)