"We are not professional film critics. We just want to enjoy and to give our opinions about movies. If you have different opinion from us, we would be very happy. Because it shows that we live in a very complex society, with many different thoughts, opinions, and taste. So the movie makers will be challenged to always satisfy their audiences and they will make more and more great movies of all times..."

- Ode & Yanti -

Tuesday 7 July 2009

Stranger Than Fiction (2006)

Genre: Comedy, Drama
MPAA
: Remaja/PG-13

Company
: Columbia Pictures

Director: Marc Forster
Cast
: Will Ferrell, Maggie Gyllenhaal, Emma Thompson, Dustin Hoffman, Queen Latifah

Runtime
: 113 min

Recommendations
: 8/10



Mendengar nama Will Ferrell, pasti langsung terlintas akting2nya yg tidak pernah lepas dari unsur komedi yg agak "berlebihan" yang menjadi ciri khasnya. Sebut saja film2 yg dibintanginya, misalnya Blades of Glory, Talladega Nights: The Ballad of Rocky Bobby, atau Wedding Crashers.

Namun, akting Ferrell yg amat berbeda dapat kita temukan di film ini. Hal ini pulalah yg membuat saya ingin me-review film ini. Di manakah letak perbedaannya?

Harold Crick (Will Ferrell) adalah seorang petugas pajak biasa: monoton, membosankan, dan hidupnya hanya diisi dengan rutinitas yang selalu diulang-ulang selama bertahun2. Namun suatu hari, semua itu berubah sejak ia tiba2 mendengar suara seorang penulis wanita (Emma Thompson) di dalam kepalanya, seperti sedang menarasikan kehidupan yg sedang Crick jalani. Kehidupan Crick yang dinarasikan oleh wanita itu sangat akurat sehingga Crick merasa panik, apalagi ketika wanita itu mengatakan bahwa Crick akan meninggal dunia.

Di tengah2 kepanikannya, ia ditugaskan mengaudit Ana Pascal (Maggie Gyllenhaal), seorang pemilik toko kue yg memiliki memiliki hutang pajak, dan jatuh cinta kepadanya. Dengan bantuan Profesor Jules Hilbert (Dustin Hoffman), Crick mencari pemilik suara yg selama ini ada di kepalanya, dengan tujuan membujuknya untuk mengubah akhir cerita yg sedang dibuatnya.

Ide ceritanya sangat unik dan orisinil. Film komedi satir ini juga dilengkapi elemen2 grafis yg mewakili tokoh utamanya, berupa rumus2 penghitungan matematika atau statistik yg menari2 namun tidak mengganggu tampilan layar dan adegan yg sedang berlangsung.

Berbicara mengenai para pemerannya, wow... Akting para aktor dan aktris sekaliber Dustin Hoffman dan Emma Thompson tidak perlu diragukan lagi, seperti halnya juga akting mereka di film ini. Queen Latifah yang memerankan asisten pribadi Emma Thompson juga memiliki peran yg berarti, dan berhasil membawakannya dengan baik.

Kembali kepada akting Will Ferrell. Saya tidak pernah menyangka bahwa Ferrell dapat memainkan peran seperti ini. Peran2 konyolnya yg selama ini melekat sama sekali tidak muncul, bahkan dia sangat berhasil mewujudkan seorang yg begitu datar, tak bergairah, dan begitu serius! Bahkan menurut saya, Ferrell berhasil menunjukkan kualitas peran terbaiknya dalam film ini. Bravo Ferrell...!!!

"I will gladly and quietly help you kill Harold Crick"

6 comments:

  1. sama,masalah sinema yang membuat saya tertarik cara actornya/actresnya beracting.Meskipun itu dari actor maupun actres yang tidak terkenal.

    ReplyDelete
  2. @ aishalife-line : gag setuju klu will farrell di anggap gag tenar... hheeheheheheh.. subyektif sii :)

    secara keseluruhan, saiia turut mengamini kalian berdua, baik penulis maupun tamu pertama (except 'actor maupun actres yang tidak terkenal' part)

    kira2 blog ini akan mereview Dr. House gag iia?!?!?

    ReplyDelete
  3. Aisha: Sip! Hidup acting!!! :)
    Genial: Hihihihi... Dr House yg film seri yaa??? Kalau sekarang mungkin masih film2 lepas, tapi bukannya gak mungkin kalo nanti ke depannya film seri kami akan review juga lho... Thanks atas usulnya yaaa :)

    ReplyDelete
  4. Dr house yang mana ya? saya mah taunya full house....yang amerika lho ya, bukan yang asia

    ReplyDelete
  5. langsung meluncur ke persewaan DVD. yang dijamin akan 90% tidak punya film ini.
    thanks for the review

    ReplyDelete
  6. Dian: Masa sih gak ada di DVD rental? Kalo emang gak ada, DVD bajakannya pasti ada kok, hehe... Thanks dah mampir yaa.. :)

    ReplyDelete

Please share your opinions here :)