"We are not professional film critics. We just want to enjoy and to give our opinions about movies. If you have different opinion from us, we would be very happy. Because it shows that we live in a very complex society, with many different thoughts, opinions, and taste. So the movie makers will be challenged to always satisfy their audiences and they will make more and more great movies of all times..."

- Ode & Yanti -

Thursday 2 July 2009

Star Trek (2009)

Genre: Action, Adventure, Sci-fi
MPAA: Remaja/PG-13
Company: Paramount Pictures
Director: J.J. Abrams
Cast: Chris Pine, Zachary Quinto, Leonard Nimoy, Eric Bana, Karl Urban, Zoe Saldana, Winona Ryder
Runtime: 127 min
Recommendations: 7/10


Di tahun 2233, pesawat Federasi USS Kelvin menyelidiki sebuah badai luar angkasa yang ternyata adalah sebuah lubang hitam (black hole). Dari lubang hitam tersebut tiba2 muncul pesawat Narada milik bangsa Romulan dari planet Romulus. Serta-merta pesawat Narada tersebut menyerang USS Kelvin dengan membabi-buta, sampai mengorbankan Kapten USS Kelvin, Richard Robau (Faran Tahir). Perwira Pertama George Kirk (Chris Hemsworth) yang menggantikan posisi Kapten kemudian mengungsikan seluruh awak USS Kelvin, termasuk istrinya yang hampir melahirkan. Kapten George Kirk mengorbankan dirinya dengan menabrakkan USS Kelvin ke Narada, setelah sebelumnya sempat memberi nama untuk putranya yang dilahirkan di pesawat sekoci penyelamat, James Tiberius Kirk (Chris Pine). James Kirk dikisahkan tumbuh menjadi seorang anak yang pintar namun memiliki watak yang pemberontak.

Kemudian adegan berpindah menuju kisah Spock (Zachary Quinto), seorang bangsa Vulcan yang memiliki kecerdasan luar biasa namun memiliki satu kekurangan, yaitu memiliki ibu yang berasal dari bangsa manusia, Amanda Grayson (Winona Ryder). Seumur hidupnya Spock harus menghadapi dan menerima kenyataan (dan cemoohan) bahwa ia akan selalu dianggap sebagai bangsa campuran, seseorang yang memiliki dua hal yg amat bertentangan: Logika dan Emosi.

Dua tokoh ini kemudian bertemu ketika menjalani pendidikan di Starfleet. Mereka kemudian bersama-sama terlibat aksi seru usaha penyelamatan planet Vulcan dan Bumi, yang diserang oleh musuh lama Kirk, bangsa Romulan. Mengapa bangsa Romulan ingin menghancurkan Vulcan dan Bumi? Apakah usaha Kirk dan Spock melawan Romulan akan berhasil? Dan apa yang membuat Kirk dan Spock berkonflik dan saling membenci? Untuk tahu jawabannya, silakan langsung tonton filmnya ya...

Satu hal yang berada di luar perkiraan saya ketika menonton film ini: STAR TREK tidak hanya bertema Science-Fiction (Sci-Fi), namun juga mengandung unsur Komedi! Jujur, unsur ini membuat film menjadi lebih segar, tidak melulu hanya fiksi diwarnai drama seperti film serinya. Saya sendiri sampai beberapa kali tertawa geli di sepanjang film. Selain itu, teknologi digital yg semakin canggih saat ini juga amat membantu menyajikan gambar2 rumit, khususnya ketika adegan peperangan.

Yang menonjol di sini adalah karakter Kirk dan Spock. Kapten Kirk digambarkan memilik karakter pemberontak, selenge'an, ceroboh, jauh dari kesan serius, bahkan playboy. Saya tidak tahu seperti apakah tokoh Kapten Kirk di film serinya waktu tahun 70-an. Apakah memang seperti itu? Karakter Kirk sangat bertolak belakang dengan karakter Spock. Spock selalu sangat fokus, memiliki pengendalian diri yang tinggi, dan (berusaha) memperhitungkan segalanya dengan logika.

Oh ya, menurut saya film ini memiliki Casting Director yang bagus. Terutama kalau melihat karakter Spock yang sangat, sangat, sangat, mirip dengan pemeran Spock di film serinya. Make-up artist yang handal memang berperan penting juga di sini. Namun ketika mengetahui bahwa Zachary Quinto (pemeran tokoh Sylar dalam serial HEROES) yang didaulat memerankan Spock, mungkin saya hanya salah satu dari jutaan penggemar STAR TREK yang pasti juga mendukung hal itu. Walaupun jujur, saya juga memang penggemar tokoh Sylar (dan Quinto) sejak pertama kali serial HEROES muncul, hehe... Pokoknya, Zachary Quinto memang terlahir untuk memerankan Spock (lebay dot com, hehe...).



"Live Long, and Prosper..." (Spock)

12 comments:

  1. pertamaxxx, tapi kalo antrian beli tiket nontonnya dapat pertama gak yaa?, thanks infonya,salam knl.

    ReplyDelete
  2. film series ini makin ke sini makin seru....

    ReplyDelete
  3. Patahati: hehehe... semoga yaa :) makasiy dah mampir :)
    iwan: setuju mas iwan :)

    ReplyDelete
  4. Hikss. aku ketinggalan nonton ini, di Bekasi gak di Puter nih mbak, aku udah belian ke MTA tapi sampai sana udah cape muter2 hehehe

    ReplyDelete
  5. guess what...

    GA MASUK BANDUNG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    *&^&^*%^#&@%#($*#()$&*(^@&*

    ReplyDelete
  6. terima kasih neh info movie nya, jadi banyak pilihan mau download yg mana dulu
    btw salam kenal ya kalo ga keberatan kita tukeran link, link mbak sudah ada diblog list ku
    http://menthaluss.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. nice review nie...
    star trek makin seru aja nie..
    tapi ngantri banget nie..
    bt nungguinnya...
    moga aja week end nanti dah ga terlalu ngantri...
    Stop
    Dreaming Start Action

    ReplyDelete
  8. Lidya: ya ampunnn.. tenag, masih ada DVD nya, hehe...
    Natazya: Are you kidding me?? Gak masuk Bandunng??? Kok bisaaaa? Kudu nonton DVD nya kalo gitu :P
    Abecho: Halo, salam kenal juga... Terima kasih ya, aku tambahin link mu di blog My BLUES... dulu ya, soalnya yg ini masih diutak-atik dulu :)
    Iklan: sabar aja kalo gitu, orang sabar disayang Tuhan (dan pacar, hehe...)

    ReplyDelete
  9. bandung itu terbelakang dear kalo soal film luar...

    film lokal melulu... fiuh...

    surely not proud of this :p

    ReplyDelete
  10. @ Taz : hehehehehe....pindah atuh ke jakarta :P

    ReplyDelete
  11. flmnya gmna..? bagus nggak mbak...hehe

    ReplyDelete
  12. Joresan: Lumayan kok, seperti yg sudah diulas di postingan ini... Thanks dah mampir ya... :)

    ReplyDelete

Please share your opinions here :)