"We are not professional film critics. We just want to enjoy and to give our opinions about movies. If you have different opinion from us, we would be very happy. Because it shows that we live in a very complex society, with many different thoughts, opinions, and taste. So the movie makers will be challenged to always satisfy their audiences and they will make more and more great movies of all times..."

- Ode & Yanti -

Tuesday 9 March 2010

Hachiko : A Dog's Story (2009)


Hachiko: A Dog's Story (2009)



Genre: Drama 
MPAA: Rated G. 
Company: Sony Pictures Home Entertainment 
Director: Lasse Hallstrom 
Cast: Richard Gere, Joan Allen, Sarah Roemer, Cari-Hiroyuki Tagawa, Forest (as Hachi) 
Runtime: 93 min 
Recommendations: 8/10




Film ini diangkat dari kisah nyata tentang seekor anjing jenis Akita Jepang bernama Hachi.
Seekor anjing kecil (Forest) yang dikirim dari Jepang tersesat di sebuah stasiun kereta di Amerika pada suatu malam yang dingin. Anjing tersebut ditemukan oleh seorang profesor bernama Parker Wilson (Richard Gere) yang mengajar kesenian, yang pada saat itu baru saja pulang dari mengajar. Setelah mencoba menitipkan anak anjing itu pada penjaga stasiun kereta, Carl (Jason Alexander), dan gagal, sang profesor kemudian memutuskan untuk membawa pulang anak anjing tersebut. 


Karena tahu istrinya tidak setuju dirinya membawa pulang seekor anak anjing, Profesor Wilson mencoba menyembunyikan anak anjing tersebut. Namun karena ulah anak anjing itu akhirnya istrinya, Cate Wilson (Joan Allen), mengetahui kehadiran sang anak anjing. Keesokan harinya, setelah mencoba menitipkan anak anjing itu kesana kemari, Parker Wilson akhirnya memutuskan memelihara anjing tersebut. Cate akhirnya semakin lama semakin mengizinkan anak anjing itu, yang kemudian diberi nama Hachi, untuk tinggal bersama mereka.


Hachi dan Profesor Wilson semakin dekat, seiring dengan bertumbuhnya Hachi. Suatu pagi, Hachi mengikuti sang Profesor berangkat menuju stasiun kereta. seolah-olah ingin selalu menemani sang majikan, Hachi menolak untuk pulang saat diperintahkan pulang oleh Profesor Wilson. Akhirnya hari itu Sang Profesor harus masuk terlambat karena ia harus mengantar Hachi pulang. Keesokan harinya, Hachi kembali mengikuti Sang Profesor ke stasiun kereta, namun kali ini Hachi menurut ketika diperintahkan pulang. Sore harinya, saat mendengar suara kereta, Hachi berlari dari rumah dan menunggu sang Profesor di depan stasiun.


Begitulah setiap harinya, Hachi mengantar dan menjemput sang Profesor. Sampai suatu hari, sang profesor tidak pulang untuk selamanya. Hachi yang tidak menyadari kepergian sang Profesor, setiap harinya tetap menunggu di depan stasiun, menunggu kedatangan sahabatnya, Profesor Parker Wilson. Hachi terus menunggu selama bertahun-tahun lamanya.


Hachiko : A Dog's Story (Hachi : A Dog's Tale) adalah sebuah film keluarga yang ringan tetapi sangat menyentuh. Berbeda dengan versi aslinya yang dibuat menjadi beberapa seri, film besutan Lasse Hallstrom ini dibuat dengan durasi yang lebih pendek. Alurnya yang cepat dibuat untuk menghindari kebosanan penonton, hanya saja jadinya agak mengurangi gambaran kedekatan Hachi dan Profesor Parker Wilson. Jika saja kedekatan mereka digambarkan lebih dalam, maka film ini tentu akan lebih baik. Untuk saat ini, mengingat saya terharu menyaksikan film ini, maka film ini layak untuk ditonton. 



No comments:

Post a Comment

Please share your opinions here :)